PENGUMUMAN

BLOG INI UDAH KU-REMAKE ( buat ulang )!

SILAHKAN KUNJUNGI LINK DIBAWAH :

DotA GUIDE

Udah banyak Guide / tutorial yang lebih baru dan update disana...^^
please visit!

LUNA MOONFANG - The Moon Rider




Luna Moonfang is a stalwart and devout follower of the Moon Goddess, Elune. She fights alongside the Sentinel in the never-ending battle to cleanse the land of the unholy Scourge. Through her valiant efforts, she has been granted small portions of Elune's mystical power. Luna uses this gift to cut a swath through her enemies. It has been said that Luna is able to call down the very light of the moon, and is always surrounded by a glowing aura, as though in moonlight herself. Luna is a shining beacon for the Sentinel, an ever vigilant protector.

1. BASIC INFO



Luna adalah hero DPS, bukan DPS biasa, dia bisa menjadi sangat mengerikan.

Guide Luna ini tidak menfokuskan pada satu aspek saja, misalnya untuk jadi killer, atau untuk jadi spell caster (ganker), atau untuk jadi pusher. Tp build up-nya merata untuk semua aspek.

Prinsip Penggunaan Ultimatenya sama dengan Yurnero, yaitu damage terbesar akan diterima musuh apabila musuh itu sedang sendirian di area efek ultimatenya.

Banyak orang bilang Skill Moon Glaivenya sangat Imbalance, yaitu boomerangnya yg bs mantul2 dr musuh ke musuh .

Namun karena skill2 nya, dia ga bs megang item ‘ orb effect’ seperti sange, sange and yasha, dll. Karena klo megang item2 itu, skill2 nya jadi cacat.

Name: Luna Moonfang
Affiliation: Agility ( sentinel )
Strength: 15 + 1.75
Agility*: 22 + 2.8
Intelligence: 16 + 1.85
Damage: 43-49
Armor: 3.1
HP: 435
Mana: 208
Movespeed: 320
Range: 330 (ranged)
Attack Time: 1.39 (+22%)

2. Pros n Cons

KEUNGGULAN :

1. Lucent beam, skill yg membuat dia termasuk hero DPS yg juga hero nukers, skill ini sangat efektif untuk ganker dan menyicil HP lawan.
2. Ultimate yg sangat mengerikan, bisa doble atau triple kill klo dipakai dgn baik.
3. Moon Glaive sangat menguntungkan, bs skaligus nyerang semua musuh yg ada disekitarnya dgn damage yg hampir sama.
4. Movement speed yg sangat baik.

KELEMAHAN :

1. Item2 nya dibatasi, atau ga bs beli item ‘orb effect’, karena bs membuat skill2 nya jadi cacat.
2. termasuk hero yang HP dan armornya paling sedikit, bahkan kedua dari yang terparah untuk hero agility.
3. mana nya sangat sedikit,
4. Ultimatenya emang berbahaya, tp nyerang musuh secara acak.
5. ga ada skill pertahanan dan juga skill untuk kabur.
6. attack range yg sangat dekat.

3. SKILLS

1. Lucent Beam



Luna concentrates on the moon's energy and channels it forcefully to the surface, damaging an enemy unit. Casting range 800. 6 seconds cooldown.

Level 1 Deals 75 damage and a ministun. 0.01 second duration. 90 Manacost.
Level 2 Deals 150 damage and a ministun. 0. 1 second duration. 100 Manacost.
Level 3 Deals 225 damage and a ministun. 0.3 second duration. 110 Manacost.
Level 4 Deals 300 damage and a ministun. 0.6 second duration. 120 Manacost.

Skill yg berguna untuk nyicil HP lawan, byasanya hero2 DPS ga punya skill nukers seperti ini, apalagi ini ada ministunnya. Skill ini bs di block oleh linken’s sphere, magic immunity, damage yg diterima dikurangi spell resistance lawan.

2. Moon Glaive



Allows Luna to attack extra enemies with each Glaive attack. Each enemy struck beyond the first incurs a 35% damage loss, per unit. AoE 500.

Level 1 Bounces once
Level 2 Bounces twice
Level 3 Bounces three times
Level 4 Bounces four times

Glaive ga ngefek sama item2 ‘orb effect’ seperti stygian desolator,maelstorm, diffusal blade dan manta style. artinya ga ada efek2 dr item2 itu, yang ada malah serangan2 mu yang jadi cacat.Untuk eye of skadi slowernya hanya ngefek ama target pertama.

Satu-satunya orb effeck yg bs dipakai adalah life steal, seperti helm of dominator, satanic, aura2 seperti vampiric aura, vladmir,dll. Tp tentu saja ga ada life steal dr pantulanx, jadi life steal diperoleh hanya dari target pertama moon glaive.

Klo udah punya attack speed yg amat tinggi, moon glaive bs mantul kembali ke target pertama, dan misalnya km menyerang lg dgn moon glaive baru,sebelum moon glaive sebelumnya selesai mantul, moon glaive yg lama itu akan mantul kembali ke target pertama.

3. Lunar Blessing



Nearby ranged units gain the power of the moon. AoE 300.

Level 1 Increases base ranged damage by 6%
Level 2 Increases base ranged damage by 13%
Level 3 Increases base ranged damage by 20%
Level 4 Increases base ranged damage by 27%

Aura ini menambah bonus damage dr attack damage ( primary ) dan attribute bonus ( bonus stats ), jadi item2 penambah damage seperti broadsword,dll, ga ikut kehitung.

4. Eclipse



Calls to the moon's magic, summoning multiple concentrated burst of Lucent Beams to damage targets around Luna. Max 4 beams per unit (5 with Aghanim's Scepter). AoE 700.

Level 1 Summons 4 Lucent Beams. 150 Mana cost. 160 seconds cooldown.
Level 2 Summons 7 (8 with Scepter) Lucent Beams. 200 Mana cost. 150 seconds cooldown.
Level 3 Summons 10 (12 with Scepter) Lucent Beams. 250 Mana cost. 140 seconds cooldown.

Eclipse mengeluarkan lucent beams dgn jumlah yang sangat banyak, dan damagex berdasarkan level lucent beam sewaktu elipse di aktifkan. Tapi ga ada efek ministunnya.

Jadi, klo ga ngambil lucent beam, jadi damage yang diterima musuh jadi 0.

Tiap lucent beam keluar dalam 0.6 detik.

4. SKILLS BUILD UP

1 – Stats
2 –Lucent Beam
3 – Lucent Beam

4 – Stats
5 - Lucent Beam
6 – Eclipse
7 - Lucent Beam
8 – Stats
9 – Moon Glaives
10 – Moon Glaives
11 – Eclipse
12 - Moon Glaives
13 – Moon Glaives
14 - Stats
15 - Stats
16 – Eclipse
17 – 20 Lunar Blessing
21 - 25 Stats

Lucent Beam : tentu saja harus ngambil di early game, untuk mengontrol line, mendominasi line, slain itu dgn ngambil lucent beam km udah bs menggunakan eclipse di level 6. Gunakan untuk nyicil HP lawan.

STATS : penting bgt, klo ga ngambil stats, km cuman bs pake lucent beam 2 kali. Slain itu HP, tipis bgt klo ga ngambil stats, meski udah megang 2 bracer skalipun harus tetap ambil, untuk mengimbangi HP lawan.

Moon Glaive : sama skali ga cocok di early game, dgn damage 49 mau dapat apaan dr pantulannya, lagian km mesti fokus nge-last hit di early game, klo mantul2 dgn damage kecil kan susah. Ambil klo damagenya uda gede.

Lunar Blessing : sama aja buruknya klo diambil di early game, meski dipadukan dgn moon glaive pun, damage yg ada tetap parah, dan yang terjadi adalah km sulit nge-last hit creep. Dgn damage pantulannya yg hanya 27%.

ECLIPSE : skill mengerikan ini mesti km ambil di level 6,11,dan 16, meski lucent beam masih level 3, tp peluang bunuhx uda sangat besar.

5. ITEM BUILD And STRATEGY

EARLY ITEM

BRACER




Nambah kapasitas HP dan mana, beli 2. Ga mungkin beli wraith band dgn HP hanya 435.

BOOTS OF SPEED



Meski movement speed uda bagus, tetap wajib beli ini.

EMPTY BOTTLE



Untuk ngisi HP dan mana di line, lebih hemat daripada beli tango dan clarity karena bs diisi ulang di fountain. Bawa bottle kalau mau bokong lawan, byar bs pake lucent beam banyak2.

MASK OF DEATH



10% lifestal, satu2nya item ‘orb effect’ yg bs dipakae luna, dgn adanya lifesteal, masalah kurangnya HP jadi sedikit teratasi. Tentu saja bakal di upgrade menjadi dominator.

EARLY STRATEGY

Beli tango dan clarity, jgn lupa beli resep2 bracer, jangan main solo mid, biarkan teman km yg butuh level tinggi di early game main solo.

Ke line bawah atau atas, jauh lebih enak klo teman se-line mu adalah hero stunner.

Jangan gunakan lucent beam sebelum lucent beam level 3, karena lucent beam level 1 dan 2 bukannya nyicil HP lawan, tp buang2 mana, dan lawan pasti ngisi HP mreka dgn tango, lucent beam level 3 dan 4 mana cost nya 120, jadi km bs pakai 4-5 kali untuk nyicil HP lawan.

Klo lucent beam udah level 3, dan kebetulan teman se-line mu adalah hero stunner, langsung aj majuin musuh di line km dan kroyok dya, dgn bantuan stunner dan ministunx lucent beammu akan jauh lebih mudah.klo bs targetnya yg HP nya paling tipis atau hero2 INT atau AGI aj.

Kalau lagi ga ada musuh, atau musuhnya lg asik creeping jg, usahakan dapat last hit, deny creep juga klo bs, kumpul duit sampai 600 dan beli bottle secepatnya, dgn bottle km bs pake lucent beam lebih banyak dgn gt km bs bokong lawan di line tengah dan atas/ bawah.

Klo udah level 7,eclipse uda ada dan luvcent beam uda level 4, dan tak ada ampun lg, segera habiskan creep lawan di line tp sambil serang musuh dgn lucent beam sampai HP nya kuning, klo creepx uda abis, bersiaplah aktifkan eclipse. Damage eclipse akan jauh lebih besar klo di area eclipse ga ada creep, jd lucent beam (eclipse)hanya nyerang hero nya.

Gunakan power up, haste atau invisibility, tp lebih enak pakai invisibility, isi bottle km dgn invis, lalu aktifkan inivis dan dekati targetmu ( klo dya ada di line) usahakan selalu ada di dekatnya, dan tunggu sampai creepnya abis, lalu aktifkan eclipse.

Sebelum pakai eclipse, usahakan juga untuk nyicil HP lawan dgn lucent beammu, dan kalau musuh itu ga mati dgn eclipse tp HP uda merah, pakai bottle km dan gunakan lucent beam untuk menghabisinya.

Klo udah ngambil skill Moon Glaive, sering2 aj main di utan akan sangat mudah dgn moon glaive,jadi buat nambah2 duit.

MID ITEM

POWER THREADS




Nambah MS, attack speed, dan 10 agi/str/int.

HELM OF DOMINATOR



Nambah armor dan bs lifesteal, slain itu jg bs dominate ( kendalikan ) creep lawan atau creep utan, jadi bs skalian dominate centaur khan (creep utan) untuk dijadikan tanker mu.

THE BUTTERFLY



Mestinya km uda tahu, knapa item ini sangat bagus untuk hero2 agility.

MID STRATEGY

Okay, di early game km udah puas hunting lawan, duit udah cukup buat beli dominator, jadi waktunya creeping.

Terdengar membosankan memang, tp ingat kali ini km bukan dapat duit hasil membunuh musuh dgn eclipse km, tp dgn creeping, knapa? Karena di mid game tentu musuh uda sangat berkembang jg dan kadang eclipse level 1 uda geli. Jadi, km fokus untuk membeli the butterfly, dgn creeping di line atau utan, bs skalian defense markas.

Klo the butterfly uda km pegang, saatnya hunting lg, bokong lawan yg sedang creeping di line, muncul di belakangnya sambil serang dya menggunakan lucent beam, klo dya mundur dan ga ada creep disitu, gunakan eclipse, klo temannya pada datang, segera kabur, tp klo teman2 mu juga berdatangan, usahakan bertahan dan serang klo teman2 mu itu uda tiba di TKP.

Klo kalian ga berhasil bunuh tp HP nya udah merah, jangan kecewa, musuh itu pasti akan ke fountain untuk isi HP, yang artinya kamu dan teman2 km bs lebih leluasa nyerang tower2 musuh.

Mentokin skill Moon gLaive secepatnya karena akan sangat membantumu menekan markas lawan, dan serang terus tower lawan, di semua line secara bergantian, itu sudah cukup membuat lawan kocar kacir dan lebih fokus untuk defense.

LATE ITEM

SATANIC




Upgrade helm of dominator jadi satanic, nambahin STR ( HP ) juga untuk menyempurnakan potensi ‘lifesteal’mu.

OTHER ITEM

RADIANCE




Sangat cocok untuk luna klo semua item core uda dipegang, dgn DPS dr item ini dan moon glaivenya, satu gelombang creep udah bs dibersihkan kurang dr 5 detik sendirian, bayangkan aj klo lawan hero nya, duit makin lancarrr...

BLACK KING BAR



Tentu saja magic immunity juga sangat penting, karena dgn attack range luna yg cukup dekat, sangat mudah buat hero disabler untuk nge stun luna. Slain itu, eclipse adalah salah satu ‘channel spell’ ( spell aktif, klo di-disable waktu spell sedang digunakan, efek spell itu akan berhenti ), dgn BKB ga perlu takut lg eclipse nya dihentikan.

ITEM BUILD FOR SPELL CASTER :

Luna bisa berperan sebagai spell caster, ini item buildnya....
EMPTY BOTTLE, KELEN’s DAGGER, AGHANIM’s SCEPTER, BOOTS OF TRAVEL, REFRESHER ORB

ITEM BUILD FOR PUSHER :

Slain spell caster juga cocok dijadiin hero pusher dgn skill2nya, ini item build pusher..
EMPTY BOTTLE, POWER THREADS, RADIANCE, THE BUTTERFLY, ASSAULT CUIRASS

WRONG ITEM

LOTHAR’s EDGE



Seperti yg dijelaskan td, invisibily akan sangat membantu penggunaan eclipse, tp itu untuk di early game saja, penjelasannya gini... klo dilihat dr harganya, lothar baru bs dibeli di mid atau late game, sedangkan di mid atau late game, duit musuh juga uda lancar, jadi uda ada yg bawa ward pastinya, atau ada yg beli necronomicon. Tp at all, klo emang buat kabur boleh sih.

EYE OF SKADI



Lebih salah lagi, slow nya hanya kena ke target pertama, klo dilihat harganya ini adalah item late game, jadi sainganx adalah satanic, satanic adalah item pertahanan karena punya 25% lifesteal, sedangkan skadi item untuk menyerang dgn 30% slow, di late game luna ga bgt butuh mana (tambahan dr skadi), untuk damage, luna ga butuh lagi kaena uda megang the butterfly. Jadi di late game, luna butuh menyempurnakan pertahanan.

LATE STRATEGY

Late game adalah pushing, segera jadiin the butterfly dan satanic, lalu lakukan push ke markan lawan secepatnya, hero2 pusher seperti luna akan sangat mempercapat penyerangan.

Eclipse dan lucent beam baru digunakan klo Hp lawan udah kuning, untuk hero2 tanker ( STR ) baru digunakan klo Hp mreka uda merah.

Mentokin lunar blessing, dgn gitu attack damage mu akan bertambah banyak.

Okay, sepertinya ga ada yg perlu dijelasin lg untuk luna di late game slain pushing dgn hasil yg didaptkan di early dan mid.

6. BEST PARTNER

Hero2 yg bs membantumu menghabiskan creep dgn sangat cepat diantaranya seperti dibawah ini,

TINKER



DRAGON KNIGHT



LINA INVERSE



TINY



KEEPER OF THE LIGHT



TWIN HEAD DRAGON



QUEEN OF PAIN



EARTHSHAKER



7. WORST ENEMIES

LION



Hero2 spell caster atau nukers seperti dia ini akan menargetkanmu di line, menggunakan spell2 mreka sesering mungkin untuk membuat HP mu menjadi kuning.

YURNERO



Blade furynya sangat cepat menghabiskan creep mu. Pastinya dya punya taktik yg sama denganmu untuk memakai ultinya ( omnislash )

PHANTOM LANCER



Image nya juga ikut terkena efek eclipse, artinya sama aja dgn creep, damage dr eclipse akan terbagi juga.

NAGA SIREN



Sama aja, byasanya klo eclipse sudah diaktifkan, dya langsung pake mirror imagenya

NERUBIAN ASSASSINS



Di early game, dya sangat merugikanmu dgn mana burnnya.

8. CONCLUSION

Luna bukanlah hero yang amat kuat, di battle kadang dya sangat mendominasi bahkan IMBA, tp kadang juga sangat tertekan, itemnya ga berkembang, dan jadi ATM (mesin duit untuk lawan) di tim.

Jadi, luna adalah hero yg tergantung pemakainya, luna ga mudah dimainkan, tergantung orang yang memakainya juga.

Tp luna sangat keren digunakan, dan cocok untuk dipakai bersenang-senang, having fun bgt.

Banyak hal yg harus km lakukan dgn luna, pushing,killing,creeping,ganking, ketahui potensinya, ketahui batas2 nya, menyerang klo emang bisa, dan jangan nyerang klo mnurutmu bakal sia2. Hero ini sangat fleksibel, terus mainkan dia, kadang km menang dan kadang km akan kalah, kadang km Godlike, dan kadang juga kamu ga akan bunuh satupun.




javascript:void(0)

6 comments:

aurora said...

keren!!! tutorialnya memang menawan... ini tutorial/hero guide terlengkap yang pernah kulihat.... post yang laennya juga bang, lama-lama aku bakal jadi dewa neh, kalo maen dota...

naym said...

@ aurora :Oh yaa.. makasih bgt..
iah pasti yg laen aku post, klo ad yg kurang jelas boleh ditanyakan..

Rico bayu andi said...

Keren..keren..
ini hero favorit aku, ternyata masih banyak juga yg belum aku tahu dr luna..
makasih kk, aku makin jago main pake luna deh..

naym said...

@ rico : okay, sama2...

vernan said...

bro ni klo boleh nmbahin yah....
klo hero musuh lagi sendiri kasih eclips ajah... apa lagi g ada creep....
[menit di bwh 25 an] klo buat lo sih dah tau tpi wat pemula kan masuk g tentu...

Naym said...

iya.. kk efek eclipse emang paling oke klo cuman kena satu target aj, aalagi klo lucent beamnya udah level 4.. mantapp!! ^^

tp kk, blog ini udah kubuat ulang sih ( yang ini dah ga kepake lagi ^^ ), nih linknya..

www.dotaallstarstoday.blogspot.com

udah banyak banget guide yang aku tambahin dan update di situ..please visit ^^

Post a Comment